Wednesday, November 4, 2015

This Blog is Restarting!

Jadi, tanpa saya sadari selama ini, saya sudah lama sekali tidak menulis dan memperbarui blog saya. Blog ini saya rintis pada tahun 2009, saat-saat saya sedang berminat sekali dengan dunia tulis-menulis. 

Seperti kata banyak orang, platform pertama untuk penulis pemula adalah blog. Saya pun melakukannya pada saat itu. Saya menulis blog saya sendiri dan saat itu saya juga bertanggung jawab untuk mengatur sebuah blog angkatan. Blog itu kami gunakan untuk acara angkatan dalam masa orientasi sebelum masuk himpunan mahasiswa.

Waktu berlalu, dan tanpa terasa, sudah lebih dari enam tahun dari saat saya pertama kali menulis di blog. Sama seperti orang yang menulis pada umumnya, inspirasi saya untuk mulai menulis datang dari membaca buku. Lebih tepatnya, membaca buku yang bagus. Momen itu saya dapatkan selama beberapa tahun saat saya mulai membaca novel serial Harry Potter. Buku pertamanya saya baca saat saya duduk di kelas dua SMP, sedangkan buku terakhirnya saya baca saat saya kuliah.

Namun, seperti rasa ikut-ikutan dan rasa tertarik yang biasanya, ada rasa jenuh dan melupakan rasa ketertarikan tersebut. Ya, rasa ketertarikan menulis dan membaca saya hilang selama beberapa tahun saat saya sedang kuliah. Mungkin pada saat itu, saya sedang sibuk beraktivitas dengan teman-teman. Pada saat itu, saya juga sedang getol-getolnya bermain video game. Karenanya, keinginan menulis saya seakan sirna dengan sendirinya.

Hanya saja, kalau memang sudah jalannya, toh kita akan bertemu dengannya lagi. Bagi saya, itulah garis hidup saya bersama dunia kepenulisan. Selama beberapa tahun setelah saya berhenti menulis, saya melanjutkan hidup seperti biasa. Pada suatu saat, saya merasa tertekan karena masih merepotkan orang tua dengan kuliah satu semester lagi setelah selesai skripsi. Apalagi saat itu keadaan ekonomi orang tua juga belum stabil. Dan percayalah, video game secanggih, seindah, dan seadiktif apapun tidak bisa membantu saya mengatasi kesendirian, rasa kesepian, serta rasa bersalah saya. Buku-bukulah yang mampu membantu saya melewati masa-masa itu. Saya akhirnya ketagihan membaca lagi dan seiring dengan itu, menulis lagi.


Saya mulai menyukai buku-buku karya Tere Liye, Andrea Hirata, Ahmad Tohari, dan Pramoedya Ananta Toer dari para penulis Indonesia. Untuk penulis luar, saya juga mulai mengandrungi buku-buku karya John Grisham dan Robert Harris. Karya-karya mereka yang berkualitas tinggi memacu semangat saya untuk menulis lagi.


Saya pun mulai menulis beberapa bab untuk novel dan beberapa ide untuk cerita pendek. Sayangnya, jarang sekali semua ide-ide saya itu ada yang menjadi sebuah karya yang kongkrit dan selesai. Kelihatannya benar, penulis itu memerlukan mental kuat dan resilliance, karena banyak sekali halangan untuk melengkapi sebuah karya.

Seiring dengan berjalannya waktu, saya mendapat pekerjaan sebagai penulis laporan dalam bahasa Inggris untuk sebuah perusahaan surveyor asuransi kapal. Pekerjaan ini membuat saya mendapatkan pengetahuan yang benar-benar baru dan juga kemampuan baru untuk menulis dalam format yang berbeda. Saya belajar untuk menyelesaikan tulisan dalam tekanan dan juga deadline. Ini benar-benar membuat kemampuan menulis saya semakin berkembang. Dulunya, saya bahkan masih harus melihat tuts keyboard untuk memastikan apakah huruf yang akan saya ketik benar. Alhamdulillah, saat ini saya sudah cukup menguasai kemampuan touch typing.

Kemudian, saya juga mengikuti beberapa kali kelas kepenulisan. Alhamdulillah, hampir semua kelas kepenulisan yang saya ikuti tidak menghabiskan saya biaya banyak, karena saya mendapat rizki dari Allah supaya tidak perlu membayar biayanya. Saya benar-benar belajar banyak dari kelas-kelas di Diva Press, Tempo Institute, dan Forum Lingkar Pena.

Sampai saat ini, baru satu tulisan saya yang muncul di media. Munculnya tulisan tersebut menambah semangat saya untuk menambahkan lagi tulisan yang dapat dimuat di media, baik media cetak maupun media online.

Karenanya, saya memperbarui blog ini. Tampilannya saya sederhanakan, tidak banyak background memusingkan, dan lainnya. Saya harap, akan semakin banyak orang yang membaca blog saya.

Oh dan yang terpenting. Semoga saya tidak memerlukan lima tahun untuk update blog berikutnya :D

No comments:

Post a Comment

Silahkan tuliskan pendapat anda....bebas kok